17 April 2010 ~ Comments Off

Mekanisme Penulisan Karya Ilmiah (2)

Penulisan Bagian Abstrak

Abstrak merupakan rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat.

Untuk MAKALAH, biasanya abstrak itu hanya terdiri dari satu atau dua paragraf saja. Sementara itu untuk SKRIPSI dan Karya Ilmiah lainnya, abstrak biasanya dibatasi satu halaman. Untuk itu isi dari abstrak tidak perlu “berbunga-bunga” dan berpanjang lebar dengan latar belakang, cukup langsung kepada intinya saja.

Ada juga Tulisan Ilmiah yang membutuhkan extended abstract. Extended abstract merupakan abstrak yang lebih panjang, yang biasanya disertai dengan data-data yang lebih mendukung. Biasanya extended abstract ini dibutuhkan ketika kita mengirimkan makalah untuk seminar atau konferensi.

Penulisan Bagian Kesimpulan

Salah satu bagian yang menjadi favorit dalam menilai sebuah SKRIPSI atau Karya Ilmiah lainnya adalah bagian KESIMPULAN. Kesalahan pada bagian ini sangat mudah dicermati.

KESIMPULAN seharusnya merupakan hasil penelitian Anda. Dengan kata lain, jika tidak ada penelitian yang anda lakukan maka kesimpulan tersebut tidak dapat ditarik.

Seringkali mahasiswa menuliskan kesimpulan yang sebetulnya bukan hasil dari penelitian yang dilakukannya. Atau kesimpulan yang dituliskannya tersebut tidak dibuktikan dalam penelitiannya. Tiba-tiba muncul pernyataan pada bagian kesimpulan, atau kesimpulannya sebetulnya merupakan common sense, atau pengetahuan yang sudah diketahui secara umum

Layout halaman

Merupakan bagian yang sering diabaikan. Memang layout halaman merupakan masalah yang tidak terlalu penting (minor). Akan tetapi dia cukup mengganggu pandangan pada saat membaca.

Seringkali institusi pendidikan (universitas) memberikan buku panduan SKRIPSI atau Karya Ilmiah, dan perhatikan aturan yang diberikan.

Peletakan nomor halaman, terutama pada awal Bab, merupakan hal yang sering mengganggu. Jangan letakkan nomor halaman pada kanan atas pada awal Bab.

Pemilihan FONT

Tulisan resmi, seperti SKRIPSI, biasanya menggunakan FONT; “Times New Roman” atau sejenisnya. Besarnya dari huruf biasanya 12 point

Namun, perhatikan aturan atau panduan yang berlaku di Institusi. Jika tidak ada aturan, maka dapat memilih sendiri font tersebut.

Penulisan RUMUS Matematik

Salah satu masalah yang dihadapi dalam menggunakan word procesor biasa. Penulisan persamaan atau rumus matematik sering dilakukan dengan sembarangan. Posisi subscript, superscript, simbol-simbol sering tidak diperhatikan.

TUGAS MANDIRI MAHASISWA

Pilih 1(satu) Judul SKRIPSI Bidang TI di Perpustakaan Kampus URINDO.

1. BACA dan dipelajari
2. Buat RINGKASAN untuk ditulis kembali menjadi ARTIKEL ILMIAH (min. 10 Hal)
3. Sebutkan SUMBERNYA :
(judul skripsi, nama penulis, NPM, tahun lulus)
4. Minggu depan di kumpulkan & TEST

[tatasutabri/170410/sentra.edukasi.anak.bangsa]

Visit My BLOG :  tatasutabri.multiply.com

Comments are closed.